Rabu, 25 April 2012

PENSIL

Sebagai pelajar yang rajin dan budiman, kita tak akan bisa lepas dari benda ini. kecil, mungil tapi kaya manfaat yang bernama pensil. Pensil, selain mempunyai berbagai manfaat, ia juga mempunyai beberapa fakta unik.Berikut saya akan mencoba menganalisis fakta unik tentang pensil:
1. Setiap tahun diproduksi 14 miliar batang pensil di seluruh dunia. Yang terbanyak di Amerika serikat (sekitar 2 miliar). 


2. Jika semua pensil itu digunakan untuk membuat garis, maka akan tercipta 64 garis mengelilingi dunia.


3. Satu batang pensil bisa menulis 40000 kata atau sama dengan membuat garis 35 mil.


4. Awalnya pensil dipakai untuk menandai kambing. Sifat bahan dasar pembuat pensil yang lunak, membuat para peternak mudah menorehkannya di kulit kambing.


5. Pensil pertama kali diciptakan di tahui, seabad kemudian diproduksi secara massal di Jerman.


6. Pada 30 Maret 1858, manusia pertama kali menciptakan penghapus. Sebagian besar pensil Eropa tidak menggunakan penghapus di pantatnya, tidak seperti pensil di Amerika yang menggunakan penghapus pada bagian pantatnya.


7. Sebatang pohon dengan ukuran rata-rata (sedang) bisa menghasilkan 170000 batang pensil.


8. Pensil terbesar dibuat oleh Ashrita Furman di New York. Panjangnya 23 m, beratnya 10 ton, dan harganya $ 20 ribu.


9. Pensil diberi warna cerah agar mudah ditemukan. Pensil kini berbentuk heksagonal agar tidak menggelinding di bidang datar.


10. Peraut pensil pertama kali dibuat dan dipatenkan oleh matematikawan asal Perancis, Bernard Lassimone, pada tahun 1828. Sebelumnya ditemukan peraut pensil itu, orang meraut pensil dengan menggunakan pisau.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar